Sabtu, 02 Juni 2012

SEJARAH SYEH SUBAKIR


SEJARAH SYEH SUBAKIR
http://i853.photobucket.com/albums/ab94/sijarot/syekh_tambuh.jpg

Beliau adalah SYEKH TAMBUH ALY BEN SYEKHBAQIR (SYEKH SUBAKIR) bin Abdulloh bin Aly bin Ahmad bin Aly bin Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Aly bin Abubakar bin Salman bin Hasyim bin Ahmad bin Badrudin bin Barkatulloh bin Syafiq bin Badrudin bin Omar bin Aly bin Salman Alfarisiy Asshohabi Rodliyallohu anhu waanhum ajmain.

Beliau dilahirkan tanggal 20 Romdlon 787 H. di Demak. Wafat 21 Syawal 1021 H. di Condro. Beliau pernah menuntut ilmu agama di Masjidil Haram Mekkah selama 10 tahun. Beliau siang puasa, baca Qur’an malam hari, dzikir malam LA ILAHA ILLALLOH dan membaca sholawat pada siang hari. Asal beliau dari Parsi atau sekarang dikenal dengan nama Iran. Thoriqot beliau thoriqoh MAGHROBIYAH.

Isteri-isteri beliau :
· Cut Nazilah dari Aceh
· Sheikhoh Aisyah Binti Muhammad Al Marbawi dari Aceh
· Signorita Miguela dari Portugis
· Roro Wulandari Bibi dari Minak Koncar Lumajang.

Keturunan-keturunan beliau tersebar di beberapa Bangsa.

Kekeramatan Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA adalah :
· Bisa berbicara semua Bahasa, termasuk bahasa Malaikat, jin dan Hewan.
· Segala Hajat yang dinginkan beliau pasti terkabul, karena keramat beliau KUN FAYAKUN.
· Dalam berdakwah tidak membutuhkan kendaraan, kemana-mana asal tujuan dakwah bisa
sampai tujuan dalam hitungan Detik.

Fatwa-fatwa Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA diantaranya :
· Allah itu Maha Segalanya.
· Taqwa itu Sholat, Tasbih dan Puasa
· Islam itu Damai seluruh Dunia
· Ilmu itu supaya bertambah, harus di Amalkan.
· Makan itu untuk Hidup, kalau tidak terpaksa Tidak Makan
· Hukum dan Pemeritah itu apa Kata Rakyat

Murid-murid Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA, diantaranya:
· Syekh Abdullah (dulu makamnya di SDN1 atau BRI Lumajang. Sekarang dipindah ke  makam umum Jogoyudan Lumajang)
· Syekh Muhammad Anas dari Demak. (Makamnya di belakang Masjid Jamik Anas Mahfud Lumajang)

Wilayah da’wah beliau Lumajang dan sekitarnya. Perjuangannya menyebarkan agama Islam memberi pencerahan mengatasi kegelapan dan kemusyrikan masyarakat. Dengan keramatnya semua manusia dan hewan tunduk menuruti ajakan beliau dengan senang hati.

”Dalam legenda yang beredar di Pulau Jawa dikisahkan, Sudah beberapa kali utusan dari Arab, untuk menyebarkan Agama Islam di tanah Jawa khususnya, dan Indonesia pada umumnya telah gagal secara makro. Disebabkan orang-orang Jawa pada waktu itu masih kokoh memegang kepercayaan lama. Dengan tokoh-tokoh gaibnya masih sangat menguasai bumi dan laut di sekitar P Jawa. Para ulama yang dikirim untuk menyebarkan Agama Islam mendapat halangan yang sangat berat, meskipun berkembang tetapi hanya dalam lingkungan yang kecil, tidak bisa berkembang secara luas. Secara makro dapat dikatakan gagal. Maka diutuslah Syeh Subakir untuk menyebarkan agama Islam dengan membawa batu hitam yang dipasang di seantero Nusantara, untuk tanah Jawa diletakkan di tengah-tengahnya yaitu di gunung Tidar . Efek dari kekuatan gaib suci yang dimunculkan oleh batu hitam menimbulkan gejolak, mengamuklah para mahluk : Jin, setan dan mahluk halus lainnya. Syeh Subakirlah yang mampu meredam amukan dari mereka. Akan tetapi mereka sesumbar dengan berkata: “ Walaupun kamu sudah mampu meredam amukan kami, kamu dapat mengembangkan agama Islam di tanah Jawa, tetapi Kodratullah tetap masih berlaku atas ku ingat itu wahai Syeh Subakir.” “Apa itu?” kata Syeh Subakir. Kata Jin, “Aku masih dibolehkan untuk menggoda manusia, termasuk orang-orang Islam yang imannya masih lemah”.

yekh Subakir diutus ke Tanah Jawa bersama-sama dengan Wali Songo Periode Pertama, yang  diutus oleh  Sultan Muhammad I dari Istambul, Turkey,  untuk berdakwah di  pulau Jawa pada tahun 1404,  mereka  diantaranya:
1.      Maulana Malik Ibrahim, berasal dari Turki, ahli mengatur negara.
2.       Maulana Ishaq, berasal dari Samarkand, Rusia Selatan, ahli pengobatan.
3.      Maulana Ahmad Jumadil Kubro, dari Mesir.
4.      Maulana Muhammad Al Maghrobi, berasal dari Maroko.
5.       Maulana Malik Isro’il, dari Turki, ahli mengatur negara.
6.      Maulana Muhammad Ali Akbar, dari Persia (Iran), ahli pengobatan.
7.      Maulana Hasanudin, dari Palestina.
8.      Maulana Aliyudin, dari Palestina.
9.      Syekh Subakir, dari Iran, Ahli menumbali daerah yang angker yang dihuni jin jahat.

Keberadaan daerah Magelang terbungkus oleh berbagai legenda. Salah satu dongeng yang hidup dikalangan rakyat mengisahkan --sebagaimana dikisahkan M. Bambang Pranowo (2002)-- bahwa pada zaman dahulu kala, ketika Pulau Jawa baru saja diciptakan oleh Sang Maha Pencipta dalam bentuk tanah yang terapung-apung di lautan luas; tanah tersebut senantiasa bergerak kesana kemari. Seorang dewa kemudian diutus turun dari kahyangan untuk memaku tanah tersebut agar berhenti bergerak. Kepala dari paku yang digunakan untuk memaku Pulau Jawa tersebut akhirnya menjadi sebuah gunung yang kemudian dikenal sebagai Gunung Tidar. Gunung yang terletak di pinggir selatan kota Magelang yang kebetulan berada tepat dibagian tengah Pulau Jawa tersebut memang berbentuk kepala paku; karena itu gunung Tidar dikenal luas sebagai “pakuning tanah jawa”.

Dongeng lain yang tentunya diciptakan setelah masuknya Islam mengisahkan bahwa pada zaman dahulu daerah ini merupakan kerajaan jin yang diperintah oleh dua raksasa. Syekh Subakir, seorang penyebar agama Islam, datang ke daerah ini untuk berdakwah. Tidak rela atas kedatangan Syekh tersebut terjadilah perkelahian antara raja Jin melawan sang Syekh. Ternyata Raja Jin dapat dikalahkan oleh Syekh Subakir. Raja Jin dan istrinya kemudian melarikan diri ke Laut Selatan bergabung dengan Nyai Rara Kidul yang merajai laut Selatan. Sebelum lari Raja Jin bersumpah akan kembali ke Gunung Tidar kecuali rakyat didaerah ini rela menjadi pengikut Syekh Subakir.

Legenda ini sangat melekat bagi masyarakat tradisional Jawa, tidak sekedar di Magelang, tapi juga ke daerah-daerah lain di Jawa, bahkan sampai di Lampung dan mancanegara (Suriname). Hal ini karena telah disebutkan dalam jangka Joyoboyo dan mengalir secara tutur tinular menjadi kepercayaan masyarakat. Apalagi pemerintah kota Magelang menjadikan Tidar sebagai simbol atau maskot daerah dengan menempatkan gunung Tidar yang dilambangkan dengan gambar paku di dalam logo pemerintahan. Di samping itu nama-nama tempat begitu banyak menggunakan nama Tidar, seperti nama Rumah Sakit Umum Daerah, nama perguruan tinggi, nama terminal dll. Yang semuanya menguatkan gunung Tidar menjadi legenda abadi.

34 komentar:

  1. Sebelumnya saya mhn maaf kalo sedikit mengkritisi.
    Kalo Beliau dilahirkan tanggal 20 Romdlon 787 H. di Demak. Wafat 21 Syawal 1021 H, berarti umurnya sampai 234 thn dong. Sementara di thn 787 H, Demak blm ada.
    Di lain baris, katanya syeh Subakir diutus ke Tanah Jawa bersama-sama dengan Wali Songo Periode Pertama, yang diutus oleh Sultan Muhammad I dari Istambul, Turkey, untuk berdakwah di pulau Jawa pada tahun 1404.
    Jadi yg bener yg mana?
    Menurut hemat saya, lbh baik menggunakan judul LEGENDA, jngn SEJARAH. Kalo sejarah hrs berdasarkan fakta dan data yg akurat.
    Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejarah sekarang banyak yg diputar balikan,...
      Pdhl setau saya syeh subakir itu aji saka yg mencetus huruf HONOCOROKO,.. It jauh sblm kanjeng nabi muhamad bin abdulah lahir di arab...menurut guru saya dikraton mangkunegaran.

      Hapus
    2. Sejarah sekarang banyak yg diputar balikan,...
      Pdhl setau saya syeh subakir itu aji saka yg mencetus huruf HONOCOROKO,.. It jauh sblm kanjeng nabi muhamad bin abdulah lahir di arab...menurut guru saya dikraton mangkunegaran.

      Hapus
    3. Admin goblak... Asal bacot

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terimakasih telah share... bagaimanapun juga ini adalah usaha admin untuk berbagi, meski terdapat banyak kejanggalan

    BalasHapus
  4. mas yang lahir di demak syech subakir opo kang bakir...? saya asli org demak tdk ada satu literaturpun beliau lahir di demak.... jangan2 sampean ini agen pengacau sejarah.

    BalasHapus
  5. Sebenere seng lahir neng demak yo kang bakir..koncone pak sukir.

    BalasHapus
  6. Wah... agak kacau ini jalan ceritanya, lahir di demak...?

    BalasHapus
  7. Sayavjugavbingungvtentangvsejarah

    BalasHapus
  8. Mas kalau menulis sejarah jangan menyesatkan....berbagai kisah tentang Syekh Subakir beliau berasal dari Baghdad, ke Jawa karena mendapat mimpi dari Rosullulloh agar berdakwah ke jawa

    BalasHapus
  9. Gak nyambung, hasil comot sana sini!

    BalasHapus
  10. Harus belajar dari para orientalis....

    BalasHapus
  11. ora ngawur bos nek cerito,istighfar kowe ben ra dadi pencerita2 palsu,mnding diam drpd bicara tapi ngawur bgtu,

    BalasHapus
  12. Biasa org seperti itu nyari duit lewat blog, ngarang cerita seolah sejarah

    BalasHapus
  13. Tolong mas klo mau buat cerita atau nulis sejarah sebaik nya di teliti sebelum di publikasikan agar kami para pecinta sejarah tidak pusing dan mual2 di saat membaca nya

    BalasHapus
  14. Syeh subakir benar Dari Persia,utusan Dari kesultanan turki.beliau ketanah JAWA untuk menginvestigasi ratusan wali Yang hilang .tradisi ingkung dalam selamatan Dari syeh subakir.silahkan datang kekota blitar.makamnya disebelah Candi penataran.

    BalasHapus
  15. Beliau dilahirkan tanggal 20 Romdlon 787 H. di Demak. Wafat 21 Syawal 1021 H. di Condro. Beliau pernah menuntut ilmu agama di Masjidil Haram Mekkah selama 10 tahun. Beliau siang puasa, baca Qur’an malam hari, dzikir malam LA ILAHA ILLALLOH dan membaca sholawat pada siang hari. Asal beliau dari Parsi atau sekarang dikenal dengan nama Iran. Thoriqot beliau thoriqoh MAGHROBIYAH. ( syekh subakir apa masih keturunan jin ? Karena di pulau konon belum ada manusia 1 pun. Kenapa beliu lahir di demak ? )

    BalasHapus
  16. Terus yank mana ini yank benerr,, jadi bingung juga ni aku kalo kayak gini....

    BalasHapus
  17. Kesalahan muncul untuk mengukur arti kebenaran. Dalam hal ini admin menulis dengan banyak kesalahan tanpa memiliki referensi yang jelas. Sejarah seharusnya memiliki 2 referensi yang saling mendukung. Pertama referensi dari lisan atau cerita turun temurun yang sering kali keasliannya semakin jauh dari fakta sebenarnya. Untuk itulah harus didukung referensi kedua yaitu dari bukti fisik berupa tulisan, peninggalan, tapak tilas, atau dalam sejarah kerajaan disebut prasasti.

    Dalam sejarah syech subakir memang sangat minim meninggalkan bukti fisik yang mendukung cerita turun temurun. Tapi dari semua cerita pasti ada yang mengalami kemiripan kisah. Silahkan dirangkum lalu dievaluasi. Jika referensi masih dirasa kurang kuat maka gunakan logika akal untuk mengkaji ulang materi sejarahnya. Selain juga memohon petunjuk kepada Sang Maha Benar untuk membuka sedikit kebenaran tentang materi sejarah yang kita pelajari. Jika kita salah mengisahkan sejarah maka itu bisa diartikan sebagai fitnah terhadap sejarah itu sendiri.

    Perbedaan periwayatan sejarah memang sering terjadi. Namun marilah kita ambik hikmahnya. Karena perbedaan juga adalah salah satu Rahmat ILAHI kepada ciptaannya untuk memberi warna dalam kehidupan yang fana ini. Saya sangat menghargai usaha admin untuk menulis kisah ini, namun saya akan lebih merasa terkesan jika admin bersedia memperbaiki isi tulisan sejarah dalam blog ini. Cantumkan referensi yang akurat dalam kajian sejarah, agar semua pembaca tahu dari mana anda mengambil sumber refernsi sejarah tersebut. Jika admin tidak dapat mencantumkan sumber rederensinya berarti ini bukanlah sejarah, tetapi hanya buah pikiran admin. Maka pembaca tidak perlu meributkan kesalahannya. Cukup kita sikapi dengan bijak bahwa manusia itu tempatnya dosa & khilaf. Setiap kesalahan akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan besok saat kita menghadap Kepada NYA.

    Teruslah berkarya untuk kemajuan pengetahuan bersama. Jangan menyerah walaupun itu berat & sulit. Karena lautan pengetahuan ini masih sangat luas & dalam. ALLOH SWT lah yang Maha Mengetahui dari segala yang tidak diketahui hamba NYA. Wassalam

    BalasHapus
  18. syehk subakir nama aslinya muhammad al bakir..dari persia diriwayat lain dri iran.syehk subakir pulang ketempat asal setelah menumbali pulau jawa.

    BalasHapus
  19. Mohon maaf kalau menulis leluhur ya di telusuri dulu nasab famnya atau najmanya syeck subakhir alias maulana mansyur. Beliau ulama besar yang berjasa menyebarkan agama islam di tanah jawa. Sebelumnya mohon sekedar meluruskan. Beliau cucu dari sayyid ahmadsyah jalal alias ahmad jalalludin alkhan dan putranya sayyid ali nurul alam alias alinurudin alkhan jadi nasab beliau baith alawiyin al alwi turunan alawi ats tsani. Syeck subakir orang tuanya bupati tuban alias raden sahuri alias syeck ahmad dan otomatis beliau kakeknya raden Said alias sunan kalijaga yang beristrikan dewi saroh dan mempunyai anak raden umar said alias sunan muria. Dewi rakayah dan dewi sopiah

    BalasHapus
  20. Bisa dirombak ulang tulisannya
    Cari reference yang bisa dipertanggung jawabkan

    BalasHapus
  21. Buat semua temen2 crita tinggalah cerita,yg terpenting isi daripada sbuah crita pada dasar NyA...dulu dan sekarang sama lelakonnya Ketuhanan,makhluk,akhlak dan ganjaran atau balasan.terkait dlm crita ini kita knali dulu tempat(pulau jawa),tokoh Nya...dsb.

    BalasHapus
  22. Kl crita yg saya dengar. Dulu dr kerajan persia diutuslah 3 syekh,diantaranya syekh subakir. Beliau dan 2org temanya diutus untuk menyebarkan agama islam,yg tempat atau tanahnya persis bau aromanya seperti yg di berikan raja. Dan mereka ber 3 dibekali masing2 sebuah peti. Dan boleh dibuka manakala sudah menemukan tanah trsbut.
    Singkat cerita tanah tersebut tlh dutemukan persis sperti yg dibritahu raja meraka. Dan setelah itu mereka membuka ke 3 peti tersebut(TiDAR= PETI DiUDAR) dan itulah asal usul TIDAR.
    Dan ke 3 syehk trsbut mempunyai keturan keturunan. Dari sislsilah keturunan tersebut lahirlah ke 9 wali tersebut yg sering disebut waliSongo.

    Itulah mnurut crita yg saya dengan.

    BalasHapus
  23. Caesars Entertainment re-opened its sports betting empire - Drm
    Caesars 원주 출장마사지 Entertainment has re-opened its sports betting empire in an effort to 시흥 출장샵 서귀포 출장마사지 and 전라남도 출장안마 they can use the company's branding to increase profits. 구미 출장마사지

    BalasHapus
  24. Woori Casino Review - Online slots from PlayTech
    Woori casino https://octcasino.com/ is an online septcasino casino that offers games from Playtech. View the latest 출장안마 woori casino review gri-go.com for 출장샵 real money here.

    BalasHapus